Saturday, December 23, 2006

Pantai samas dan Pantai Parangkusumo Jogyakarta

Pantai Parangkusumo terletak di sebelah barat pantai Parangtritis, tiap tahun juga digunakan sebagai tempat untuk upacara Labuhan. Masyarakat meyakini bahwa pantai ini adalah tempat pertemuan antara Raja Mataram dengan Kanjeng Ratu Kidul, Dewi penguasa pantai Selatan. Setiap malam, khususnya malam Senin dan Selasa "Wage" atau "Kliwon" menurut kalender Jawa, banyak orang datang untuk melakukan meditasi.

Lokasi : Kabupaten Bantul
Transportasi : Bus umum Yogyakarta-Parangtritis
Peta LokasiPantai ini sangat mudah untuk dicapai dengan berbagai jenis kendaraan darat karena prasarana jalan telah baik.
Seperti halnya kawasan Pantai Parangtritis, di Pantai Samas telah dikembangkan sarana akomodasi dan rumah makan. Di tempat itu, para pengunjung dapat pula menyaksikan usaha pemeliharaan ikan dan udang yang dilakukan oleh Sub Dinas Perikanan Propinsi DIY.

Sebagai oleh-oleh, pengunjung dapat singgah ke kota kabupaten Bantul, untuk membeli makanan khas daerah ini yang disebut geplak, yakni makanan ringan yang dibuat dari daging buah kelapa yang dikukur (bhs. Jawa “diparut”) dan dimasak dengan gula, serta diperlezat dengan berbagai sari buah, sesuai dengan selera kita.

Lokasi : Kabupaten Bantul
Transportasi : Para pengunjung dapat naik kendaraan umum yang berupa mikro bus, dari jalan Kolonel Sugiyono Yogyakarta.

Peta Lokasi

Sumberikbud DIY

 

No comments: